Vaksin Covid-19 Akankah Solusi Hilangnya Pandemi di Tahun 2021 ?

151

Oleh: Magdalena Siburian
Mahasiswa Semester 1 Fakultas Hukum Riau Kepulauan Kota Batam

KritisNews.com, Batam – Virus Corona atau yang disebut dengan Covid-19 pertama kali ditemukan di Kota Wuhan Provinsi Hubei, Tingkok China pada akhir 2019 tahun lalu.

Covid-19 adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru dan menyebabkan kematian.

Virus ini menular melalui percikan dahak (droplet) dari saluran pernapasan, misalnya ketika berada di ruang tertutup yang ramai dengan sirkulasi udara yang kurang baik atau kontak langsung dengan droplet.

Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan.

Dengan cepatnya penyebaran virus ini melalui tubuh manusia, hampir semua negara mengeluarkan kebijakan Sosial Distensing atau yang disebut Pembatasan Sosial. Bukan hanya itu saja, hampir setiap negara juga mengeluarkan kebijakan Lockdown dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di daearah yang banyak terpapar Covid-19.

Indonesia salah satu negara yang banyak masyarakatnya yang terpapar virus mematikan ini. Korban pun berjatuhan, banyak dari orang yang terpapar meninggal dunia. Bukan hanya itu, perekonomian pun merosot akibat terbatasnya aktivitas dibidang apapun.

Hal ini membuat pemerintah Indonesia mengambil langkah dalam penanganan Covid-19 dengan segala kebijakan, dan mengeluarkan kebijakan dalam aturan Protokoler Kesehatan Covid-19.

Setelah satu tahun wabah Covid-19 menyebar ke seluruh Dunia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga bekerja keras dalam menanggulangi dan menghentikan menyebarnya wabah yang mematikan ini.

Diakhir tahun 2020, beberapa negara telah menemukan Vaksin Covid-19. Indonesia salah satu Negara yang akan memesan Vaksin ini agar tuntasnya Pandemi Covid-19.

Dikutip dari republika.co.id, Belakangan ini beredar informasi hanya Indonesia yang memesan dan membeli vaksin Sinovac buatan China. Laporan itu berasal dari Aljazeera yang menyebut dari 20 negara yang sudah memesan vaksin covid-19, hanya Indonesia yang membeli Sinovac.

Ke-20 negara yang telah memesan vaksin dari produsen global itu adalah Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Italia, Denmark, Belanda, Prancis, Kanada, China, Brasil, Meksiko, Argentina, India, Spanyol, Australia, Indonesia, Uzbekistan, Mesir, Nepal, dan Israel.

Pada awal Desember, gelombang pertama vaksin Sinovac tiba di Indonesia untuk persiapan kampanye vaksinasi massal. Vaksin dengan dosis 1,8 juta lagi akan tiba pada Januari.

Presiden Indonesia Joko Widodo menyampaikan di media, bahwa Vaksin Covid-19 akan dibagikan Januari 2021 ke seluruh Indonesia dengan cara bertahap, dan Presiden juga menyampaikan dirinya yang akan menjadi orang pertama yang akan disuntikan Vaksin Covid-19 di Indonesia.

Pertanyaan adalah, Vaksin Covid-19 Akankah Solusi Hilangnya Pandemi di Tahun 2021 ?.
Karena berbagai cara dan kebijakan yang sudah dilakukan pemerintah agar hilangnya wabah ini, namun tak kunjung selesai krisis Pandemi.

Harapan dan impian seluruh rakyat Indonesia agar pemerintah dapat menuntaskan Pandemi Covid-19 di tahun 2021 nantinya.Namun tentu menjadi pekerjaan berat bagi Pemerintah Indonesia, karena Vaksin yang dipesan tidak sesuai dengan jumlah penduduk Indonesia.

Akankah Vaksin ibarat Air bagi musafir di padang pasir?, ataukah ibarat Emas bagi fakir miskin?.
Akhir akhir ini banyak beredar berita atau informasi di media sosial terkait harga Vaksin, harga Vaksin yang ditawarkan diperkirakan dua ratus ribu rupiah per dosis.
Dikutip dari Kompas TV, Target BUMN bidang farmasi diungkapkan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR. Bio farma dan tiga anak perusahaannya yakni Indo Farma, Kimia Farma, dan Papros, sedang berupaya melewati tahapan sebelum memproduksi vaksin Corona merah putih.

Hilangnya Covid-19, kembalinya aktivitas secara normal, bangkitnya perekonomian Indonesia, inilah yang menjadi impian rakyat Indonesia tanpa kecuali.
“Habis gelap timbul lah terang, semoga hilang Corona di Bumi, agar makmur Ibu Pertiwi”.
Mari bersama kita berdoa, agar musibah Pandemi ini cepat berlalu, dan selalulah mematuhi protokoler kesehatan agar terhindar dari wabah Covid-19.

Terima kasih