Sosialisasikan Juknis P2L di Desa Mentuda Ini Kata DPKP Lingga

8

Lingga KritisNews.com – Pemerintah Kabupaten Lingga Melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) melaksanakan Sosialisasi petunjuk teknis Pemekaran Pangan Lestari (P2L) di halaman Kantor Desa Mentuda, Kecamatan Lingga. (Selasa, 30 Maret 2023)

Bupati Lingga M. Nizar dan didampingi Ibu Bupati sekaligus Ketua TP PKK Maratusholiha disambut baik oleh Sekretaris Desa dan masyarakat Mentuda pada kegiatan sosialisasi Juknis P2L yang dilaksanakan di Desa Mentuda, Kecamatan Lingga.

Kepala Desa yang diwakilkan oleh Sekretaris Desa, Haidir dalam sambutan menyampaikan Terima kasih atas sosialisasi Juknis P2L ini di laksanakan di Desa Mentuda dan Terima kasih atas kehadiran Bupati Lingga beserta rombongan yang ada.

“Saya Selaku Sekretaris Desa dalam hal ini mewakilkan Kepala Desa Mentuda yang hari ini tidak bisa hadir karena ada kegiatan tidak bisa di tunda menyampaikan terimakasih kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga yang telah melaksanakan Sosialisasi Petunjuk Teknis (Juknis) P2L di Desa kami dan terimakasih atas kehadiran Bapak Bupati Lingga dan Ibu Bupati beserta rombongan yang hadir pada kegiatan sosialisasi yang ada di Desa Mentuda,” katanya.

Selain ucapan terimakasih atas sosialisasi Juknis P2L ini di laksanakan, Haidir juga menyampaikan Beberapa harapan untuk Desa Mentuda seperti penambahan bandwith baik untuk provider XL maupun Telkomsel serta Pembangunan Jalan Darat dari Desa Mentuda ke Sei Tenam dapat terealisasi.

“Kami berharap agar Pemkab Lingga dan Bapak Bupati dapat memberikan penambahan Bandwith baik Provider XL maupun Telkomsel dan Pembangunan Jalan dari Desa Mentuda langsung ke Sei Tenam dapat terealisasikan,” ujarnya.

Gandime Diyanto Selaku Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) dalam sambutannya mengatakan bahwa Pekarangan Pakan Lestari (P2L) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas) dengan memanfaatkan pekarangan sebagai sumber kebutuhan gizi dan ekonomi anggota kelompok.

Sosialisasi Juknis P2L dilaksanakan di Lima Desa yang ada di Kabupaten Lingga, Desa tersebut adalah Desa Marok Tua, Desa Posek, Kelurahan Pancur, Desa Sungai Harapan dan terakhir Desa Mentuda.

Lebih Lanjut, Gandime Diyanto menyampaikan pada Sosialisasi P2L terakhir yang ada di Desa Mentuda ini langsung dihadiri oleh Bupati Lingga dan Ibu Bupati Sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Lingga, ini merupakan penghargaan dan penghormatan untuk masyarakat yang ada di Desa Mentuda.

Terakhir Gandime Diyanto mengatakan bahwa kegiatan Pekarangan Pakan Lestari (P2L) merupakan kegiatan Pemerintah Pusat namun berdasarkan SK Bupati yang penerapannya daerah Stunting.

“Pekarangan Pakan Lestari (P2L) merupakan kegiatan Pemerintah Pusat namun berdasarkan SK Bupati yang penerapannya daerah Stunting dan kegiatan ini dilaksanakan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) dengan tujuannya untuk peningkatan gizi dan penurunan stunting,”ucapnya.

Setelah Sambutan Kadis DPKP, kemudian sambutan dan arahan Maratusholiha Selaku Ketua TP PKK Kabupaten mengatakan bahwa Kabupaten Lingga menjadi penyumbang nomor satu stunting dan Desa Mentuda sudah tiga kali berturut-turut angka stunting tidak menurun dan untuk itu mari kita komitmen dan bertanggungjawab.

“Kabupaten Lingga menjadi penyumbang nomor satu stunting dan Desa Mentuda sudah tiga kali berturut-turut menyumbang angka stunting tidak menurun, untuk itu saya mengajak Bapak dan Ibu untuk komitmen dan bertanggungjawab untuk menurunkan angka Stunting melalui Pekarangan Pekan Lestari (P2L).

Lebih Lanjut, Maratusholiha mengatakan bahwa melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga Mengusulkan Anggaran untuk Pekarangan Pekan Lestari (P2L) ke Pemerintah Pusat sebesar 60Jt dan nantinya anggaran ini langsung diberikan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) dan mudah-mudahan kegiatan ini berlangsung setiap Tahun, sehingga dengan adanya Pekarangan Pekan Lestari (P2L) dan adanya komitmen dan tanggungjawab KWT maka peningkatan gizi semakin tinggi dan angka stunting menurun.

Terakhir M. Nizar Selaku Bupati Lingga menyampaikan agar Kepala Desa, Sekdes, BPD, RT dan RW bersama-sama untuk mengontrol Kegiatan P2L ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan menyampaikan bahwa terkait penambahan bandwith sudah disampaikan kepada Diskominfo dan pembangunan jalan Desa Mentuda ke Sei Tenam sudah disampaikan ke Dinas PU.

“Saya berharap untuk Kepala Desa, Sekdes, BPD, RT Dan RW dapat mengontrol kegiatan P2L ini sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik dan untuk penambahan bandwith saya sudah sampaikan kepada Kepala Dinas Kominfo dan InsyAllah akan diberikan dan untuk pembangunan jalan dari Desa Mentuda ke Sei Tenam sudah sampaikan ke Dinas PU dan InsyAllah akan dikerjakan,”tukas dia.

Terakhir M. Nizar menyampaikan Terimakasih atas sambutan yang diberikan oleh masyarakat Desa Mentuda atas kehadiran Bupati dan rombongan dalam kegiatan Sosialisasi P2L.

“Kami mengucapkan terimakasih atas sambutan yang diberikan kepada kami pada kegiatan sosialisasi P2L hari ini”.Tutupnya

Pada kegiatan sosialisasi ini, turut hadir Ketua BPD, Guru SD dan SMP yang ada di Desa Mentuda dan Tokoh Masyarakat dan masyarakat Desa Mentuda. (Oji)