Selamat Lulus Paket C Sebanyak 49, Anambas Buka Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI)

31

KritisNews.com, Anambas – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kepulauan Anambas serahkan Ijazah Program Kesetaraan Pendidikan Paket.C Kepada Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Anambas Cerdas.

Bardasarkan rilisdari H. Tamar Johan selaku Ketua PKBM beberapa hari yang lalu tentang kegiatan pembagian ijazah paket C setara SMA di PKBM Desa Tiangau, Dusun Arung Hijau, Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Saat dikonfirmasi H. Tamar Johan, S.Sos., M.IP. Mengatakan silakan konfirmasi kepada pihak pengelola Pusat Kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Anambas Cerdas,

Saat dikonfirmasi KritisNews.com Hettiandri, SH.MH. Selaku ketua pengelola pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Anambas Cerdas Arung Hijau membenarkan kita memang ada kegiatan belajar utuk mengambil paket C, karna program paket C ini sangat penting bagi anak bangsa apalagi kita ini tinggal daerah terluar yang dekat dengan negara asing seperti Malaysia, singapur, Vietnam dan negara lainnya. Maka dari itu paket C yang setara SMA sedrajat sangat mencerdaskan masyarakat khususnya Anambas. Rabu (12/8/2020)

Adapun yang dinyatakan lulus sebanyak 49 Orang dari peserta 56 orang, yang belum berhasil lulus sebanyak 7 orang. Bagi yang sudah lulus sudah dilakukan penyerah ijazah pada hari Juma’at 7 Agustus 2020 beberapa hari yang lalu.

Dalam penyerahan Ijazah paket saat itu langsung diserakan oleh kepala bidang pembinaan PAUD dan PNF Mukhtar, S.IPem didampingi Stafnya nya. Baiti Kepada Ketua Pengelola Paket C Arung Hijau.

Penyerahan ijazah tersebu lansung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, penyerahan dilakun oleh bapak Muchtar, S.IPem, selaku kepala bidang / KABID pembinaan PAUD dan PNF dinas pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas, penyerahan itu sudah sesuai berita acara No.1156/Disdikpora/BBT-BI/08.20 Tanggal.07 Agustus 2020.

Lanjut dia. Penyelenggaraan program pendidikan ini selama 3 tahun diawasi langsung oleh dinas pendidikan dengan jadwal hari sabtu dan minggu di ruang belajar pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Anambas Cerdas Arung Hijau.

Adapun peserta dari berbagai lokasi seperti Tarempa, Arung Hijau, Rintis, Air Bini, Tiangau, Antang, Batu Tambun, Temburun , Rekam, dan lain lain.

Juga Hetiandri, SH.MH menyebutkan pembelajaran sudah menggunakan system yang canggih, melalui Infokus , system internet gratis dari kementerian Kominfo RI.

Selaintu para guru dari SMA Tarempa dan SMK Negeri Arung Hijau, kalau buku-buku sudah disediakan dari taman baca anak bangsa. Dusun Arung Hijau Desa Tiangau ini dengan buku lengkap di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Anambas Cerdas, sedangkan jumlah buku-buku lengkap, “Yang tersedia sekitar 3000 (tiga ribu) examplar lebih buku.

Juga pengelola sudah menyediakan 6 (enam) unit komputer sehingga tidak bisa lagi dengan model lama , semua peserta masuk system IT melalui dinas pendidikan Kabupaten Anambas dan juga terkoneksi ke direktorat terkait di Kementerian Pendidikan Indonesia.

Kalau saat penyelenggaraan ujian akhir diawasi oleh dinas pendidikan dan Kepolisian.

Terpisah Ketua pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Anambas Cerdas H.Tamar Johan, S.Sos, M.Si. Himbau bagi yang belum lulus agar mengulang kembali, yang saat ini sedang membuka program kesetaraan pendidikan paket A.B Dan C, agar segera mengambil formulir pendaftaran di sekretariat PKBB Arung Hijau.

Lanjutdia, kami mengucapkan selamat kepada peserta yangg telah lulus sebanyak 49 orang, selainitu kami persiapkan untuk masuk ke system perguruan tinggi atau sekolah tinggi agama islam (STAI) paduka yang akan dibuka di Anambas nanti.

Insyallah saat ini sedang dalam proses perizinan, “Jika tidak ada hambatan hampir terealisasi, karena ada hambatan oleh Covid-19.

Insya Allah ruang kuliah sementara di lantai.ii SMK Negeri Arung Hijau sedangkan perpustakaan sementara tetap di PKBM Arung Hijau. Semoga ilmu yang sudah didapat selama belajar 3 (tiga) tahun di PKBM Anambas Cerdas akan bermanfaat untuk negeri ini ucapnya. (Rohadi)