Sampah Berserakan hingga Badan Jalan

8
Tumpukan sampah di jalan depan Perumahan Golden City Residence 2, Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, Kamis (22/7/2021). Foto/Ham/Kritisnews.com

KritisNews.com, Batam – Sampah menumpuk dan berserakan hingga ke badan jalan di Kawasan Bengkong, 500 meter tidak jauh dari Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Bengkong, tepatnya di depan Perumahan Golden City Residence 2, Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, Kamis (22/7/2021).

Seorang warga setempat, Andi (43), saat ditemui Wartawan, menjelaskan, jika sampah tersebut sudah lama tidak dibersihkan dan diangkut.

“Kami terkadang mau makan saja harus tutup semua pintu dan jendela, baru bisa makan. Baunya tak tahan mas,” ungkap Andi, Kamis (22/7/2021).

Ia berharap masyarakat jangan membuang sampah ke badan jalan. Tetapi letakkan saja sampah tersebut dengan rapi di TPS itu. Jika tidak diletakkan dengan rapi, maka sampah akan merembes ke badan jalan sehingga bisa menyebabkan terganggunya pengendara yang melintas.

Terpisah, Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup (LH) Kota Batam, Dr. Herman Rozie, melalui Kepala Bidang (Kabid) Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam, Faisal Novrieco, mengungkapkan bahwasanya, ada sedikit kendala terkait pengangkutan sampai. Pihaknya sedang berupaya melakukan pembersihan lokasi tersebut hingga saat ini.

“Ya pak, kondisi memang ada kendala sedikit pengangkutan sampah di lokasi TPS (tempat pembuangan sementara) Sei Nayon,  Bengkong Sadai. Kita dalam usaha pembersihan lokasi tersebut sampai saat ini, dan hari Sabtu besok, tanggal 24 Juli 2021,

akan dilakukan pembersihan TPS tersebut dengan menggunakan alat berat bantuan dari Camat Bengkong. Insyallah, lokasi tersebut akan bersih dan clear di hari Sabtu besok,” katanya saat dikonfirmasi Kritisnews.com melalui pesan singkat WhatsApp, siang.

Pantauan di lokasi pembuangan sampah tersebut, terlihat tumpukan itu didominasi dengan sampah plastik yang berisi sisa makanan seperti nasi, tulang ikan dan dikerumuni lalat.

Tampak juga papan kecil bertuliskan Terimakasih Tidak Membuang Sampah Disini.

Tidak hanya itu, sampah tersebut juga terlihat sudah menjamur ke bahu jalan sehingga pengendara yang melintas harus mengurangi laju kendaraannya. (Ham)