RSUD Natuna Fasilitasi Rapid Antigen, Ini Besaran Bianya

1155
dr.Ari Fajarudin Kabid Yanmed RSUD Natuna sekaligus (Ketua Ikatan Dokter Indonesia untuk Natuna)

Kritisnews.com,Natuna-Demi mempermudah perjalanan tranportasi menuju jakarta,bali dan Medan Satgas covid 19 Natuna, melalui Rumah Sakit Umum Daerah, telah menyiapkan beberapa Rapid anitigen yang bisa di nikmati masyarakat untuk keperluan keberangkatan Menuju Jakarta,Bali dan Medan.

dr.Ari fajarudin selaku kabid yanmed saat dikonfirmasi senin (21/12/20)menyebutkan bahwa saat ini, RSUD Natuna telah menyediakan Rapid antigen untuk masyarakat,besaran biayanya berbeda dengan rapid test anitibodi ungkap dr.ari

Jika untuk rapid test antibody masih sama diharga Rp 150.000 dan untuk rapid test Antigen besaran biayanya Rp.275.000 pungkas dr.Ari yang juga Ketua IDI Natuna

Berikut perbedaan antara rapid test anitgen dan rapid test antibodi

-Rapid test Antigen adalah molekul yang mampu merangsang respon daya tahan tubuh. Molekul ini dapat berupa protein, polisakarida, asam nukleat, dan lipid. Tiap antigen memiliki fitur permukaan berbeda yang dikenali sistem imun.

Virus Corona sendiri atau SARS CoV 2 memiliki sejumlah antigen yang terdiri dari protein nukleokapsid. Nah, rapid test antigen akan mendeteksi ada tidaknya protein tersebut.

Hanya saja rapid test antigen memang kurang sensitif dibanding RT-PCR test. dikarenakanbtes ini hanya efektif mendeteksi infeksi ketika jumlah virus dalam tubuh cukup tinggi.

“Ketika jumlah virusnya tidak terlalu tinggi, jadi CT (cycle threshold) valuenya di atas 25 atau di atas 30, antigen itu bisa akan negatif.

Namun, tes ini memiliki kelebihan hasilnya ini bisa diketahui lebih cepat dan bisa dilakukan di lebih banyak laboratorium dan fasilitas kesehatan.

Sedangkan Rapid test Antibodi merupakan protein berbentuk Y yang diproduksi sel B dalam sistem imun tubuh. Protein adalah respon tubuh terhadap paparan antigen.

Tiap lengan antibodi memiliki situs pengikatan, yang berisi bagian tertentu dari permukaan antigen. Pengikatan inilah yang menghilangkan antigen dengan langsung melakukan netralisasi, atau dieliminasi lengan antibodi lainnya.

Waktu yang diperlukan tubuh untuk membentuk antibodi berbeda-beda. Karena itu, rapid test antibodi dilakukan pada orang yang pernah terinfeksi COVID-19.

BAGIKAN