PPKM Diperpajang, TNI dan Polri Bagikan Bantuan untuk Masyarakat

5

KritisNews.com, Batam – Personel Gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyalurkan bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 pasca diberlakukannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Batam.

Penyaluran tersebut dilakukan langsung oleh Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Hang Nadim, Letnan Kolonel (Letkol) Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan, bersama Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Barelang Polda Kepri, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, dan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316/Batam Letnan Kolonel (Letkol) Kav Sigit Dharma Wiryawan, di Kawasan Batu Besar, Nongsa, Batam.

Danlanud Hang Nadim, Letkol Pnb Iwan Setiawan, mengatakan, bantuan PPKM Darurat ini menyasar ke seluruh warga yang ekonominya terdampak akibat Pandemi Covid-19 atau virus corona, terlebih kepada para pedagang kecil yang sangat terimbas.

“Dengan adanya PPKM darurat ini, kita harus tetap mematuhi aturan dari pemerintah agar meminimalisir penyebaran virus Covid-19 yang ada di indonesia khususnya di Kota Batam. Maka dari itu, para pedagang kecil harus tetap ikuti aturan yang diberlakukan dalam PPKM Darurat ini dengan jam tutup malam 20.00, mungkin memang pendapatan yang biasanya cukup jadi berkurang karena adanya PPKM ini,” kata Letkol Pnb Iwan, Sabtu (17/7/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Danlanud Hang Nadim berharap bantuan tersebut dapat sedikit membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat wabah pandemi ini terlebih pasca diberlakukannya PPKM Darurat di Batam.

“Pemerintah juga memikirkan masyarakat yang terdampak, karena situasi PPKM Darurat. Atas nama pemerintah, maka hari ini saya (Danlanud) bersama Kapolres dan Dandim, memberikan paket sembako. Jangan dilihat dari isinya, semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Sementara, Kapolresta Barelang Polda Kepri, Kombes Pol Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, mengatakan, PPKM Darurat ini sangat berdampak pada sektor ekonomi. Oleh karena itu, ada pembatasan kegiatan yang berimbas berkurangnya pendapatan masyarakat.

“Penanganan krisis ini tentunya berdimensi juga pada bidang ekonomi, sehingga kami TNI-Polri berusaha untuk mengeleminasi untuk mengurangi dampak dari pada penanganan PPKM Darurat ini. Dimana terjadi banyak pengurangan mobilitas, tentunya juga akan mempengaruhi dari pada pendapatan masyarakat,” kata Kombes Pol Yos.

Adapun isi di dalam paket sembako tersebut yakni berupa beras, gula, minyak goreng, teh celup dan 250 pcs masker. Adapun anggota yang terlibat dalam penyaluran bantuan sosial tersebut di antaranya para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), dan Bintara Pembina Potensi Dirgantara (Babinpotdirga) Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim.

Informasi yang diterima, setelah menyalurkan bantuan paket sembako, Danlanud beserta rombongan melanjutkan kegiatan peninjauan Pos Komando (Posko) PPKM Darurat di wilayah Nuvasa Bay, Nongsa, Batam.

(Ham)