Posko Tangguh Garda Terdepan Kawal Keselamatan Warga

6

KritisNews.com, Tanjungpinang – Keberadaan Posko Kampung Tangguh merupakan garda terdepan untuk mengawal keselamatan warga sekaligus keamanan kampung.

“Posko tangguh ini tujuan agar mampu mendeteksi secara dini segala awal permasalahan yang akan timbul di masyarakat dan yang terjadi di lingkungan tempat tinggal kita,” kata Wali Kota Tanjungpinang, Rahma.

Hal tersebut, diungkapkan Rahma saat meresmikan Posko Kampung Tangguh COVID-19 dan Posko Tanggap DBD, di RW 008 Perumahan Lembah Asri Kelurahan Batu IX, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat (26/2/2021).

Dia menyatakan, keberadaan posko tangguh COVID-19 dan tanggap DPD tersebut bukan hanya melakukan pencegahan penyebaran COVID-19, tapi juga penyakit DBD.

“Jadi, tanggap terhadap pertolongan pertama sebelum mendapatkan penanganan lanjutan, baik virus corona maupun DBD,” tutup dia.

Selain itu, lanjut Rahma, posko tangguh ini, diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk meningkatkan kekuatan dari sisi ekonomi, ketahanan pangan, dan juga membiasakan pola hidup sehat.

Tentu kata dia, dengan memanfaatkan swadaya dari profesi masyarakat yang ada di kampung ini, mulai dari bidan, perawat, tokoh masyarakat, relawan, majelis taklim, TNI-Polri. Artinya mewakili semua kelompok masyarakat. Sehingga, tidak dibebankan pada RT dan RW saja tapi melibatkan seluruh masyarakat secara langsung.

“Dengan meningkatnya kepedulian seluruh warga, maka kita bisa mendeteksi dini permasalahan yang ada di lingkungan kita,” ucap dia.

Dia menambahkan, bila perlu rutin melakukan patroli di lingkungannya untuk memberikan imbauan, edukasi, dan penegakan disiplin prokes kepada warganya.

Menurut dia, dengan adanya posko ini, masyarakat diberikan kepercayaan langsung untuk mengawal keselamatan warga dan kampungnya. Sesuai amanat Mendagri nomor 3 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro, yakni penguatan pengawasan dilakukan dari level bawah.

“Ini menjadi tantangan pemerintah dan masyarakat. Bila hanya di gantungkan di pundak pemerintah, TNI, dan Polri saja, tentu tidak bisa maksimal. Karena kuncinya ada di level masyarakat, jauh lebih baik jika warganya langsung yang memberikan pemahaman,” tutup dia.

Usai meresmikan kampung tangguh dan posko DBD, Wali Kota Rahma melanjutkan agenda memasang secara simbolis spanduk imbauan kebakaran di wilayah RW.003, Jalan Arya Kelurahan Batu IX. (Red/R)