Pariwisata adalah Andalan Bagi Kepri

18

 

Kritisnews.com, BATAM – Keberhasilan Kepri menjadi pintu masuk kedua wisatawan manca negara (Wisman), diacungi jempol oleh Kementerian Pariwisata. Namun Kepri diminta untuk tidak Baper, dan terus menggenjot pariwisata. Apalagi Kemenpar yakin, Kepri bisa lebih baik lagi.

“Untaian kata ini sebagai bentuk keyakinan kami akan pengembangan pariwisata Kepri yang dapat bergerak naik dengan signifikan. Terbukti di semester satu tahun ini, Kepri menjadi daerah tujuan wisatawan nomor dua nasional,” ujar Kabiro Komunikasi Kemenpar RI, Guntur Sakti, Sabtu (31/8).

Guntur juga menambahkan bahwa ini bukan menjadi kepuasan tersendiri, melainkan menjadi pemacu untuk terus mengembangkan pariwisata. “Kita nomor dua, tapi jangan Baper. Terus genjot pariwisata” ujar Guntur saat memberikan sambutan pada Malam Anugerah Pariwisata Kepri 2019.

Apalagi pariwisata menjadi andalan bagi Kepri. Hal senada juga disampaikan Sekda Kepri, H.T.S. Arif Fadillah. “Kepri memang memprioritaskan pariwisata. Karena pertumbuhan ekonomi Kepri juga sangat didorong kuat sektor ini,” ujar Sekda.

Ia berharap semua pelaku pariwisata di Kepri bekerjasama mendukung, agar wisatawan semakin ramai datang ke Kepri. Apalagi Kepri memiliki potensi tersendiri, seperti Natuna dan Anambas yang menyediakan pemandangan alam yang indah.

Juga Lingga dengan budaya dan sejarahnya. Serta Batam, Bintan, Tanjungpinang dan Karimun juga semakin banyak dituju wisatawan. Malam Anugerah Pariwisata Kepri 2019 ini juga sebagai wujud untuk mendukung geliat pariwisata di Kepri.

Dimana, majunya pariwisata Kepri hingga menjadi daerah tujuan wisata nomor dua nasional itu, tak lepas dari sinergi unsur pentahelix. ”Yaitu meliputi pemerintah, akademisi, pelaku bisnis, media, dan komunitas,” sebut Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar.

Melalui kerja keras unsur tersebut, kini Kepri berhasil menjadi pintu masuk Wisman kedua ke Indonesia setelah Bali. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri terdapat 1,4 juta wisman yang berkunjung sepanjang Januari-Juni 2019.

”Tingginya kunjungan wisatawan ini sejalan dengan besarnya potensi wisata di Provinsi Kepulauan Riau. Di samping itu, Kemenpar juga telah menerapkan tiga strategi untuk meningkatkan kunjungan wisman ke Kepri. Yaitu berupa Hot Deals, Travel Hub, dan Crossborder,” ujar Buralimar.

Dipublish Oleh – Diskominfo Kepri
(Sumber:Pemprov Kepri)