Lonjakan Tagihan, bright PLN Batam Berikan Keringanan dan Sosialisasi ke Rumah Pelanggan

175

KritisNews.com, Batam – bright PLN Batam mensosialisasikan terkait lonjakan tagihan pelanggan pada bulan Juni. Terpantau oleh media ini, petugas mendatangi rumah pelanggan yang terdampak lonjakan tagihan dan mensosialisasikan penyebab lonjakan tagihan dimasa kondisi pandemi Covid-19, Kamis (25/06/2020).

Dikabarkan sebelumnya, Masyarakat Batam banyak mengeluh atas lonjakan tagihan listrik pada bulan Juni ini, lonjakan tagihan ini disebabkan beberapa hal. Salah satunya karena tidak adanya pengecekan meteran pemakaian listrik ke rumah-rumah  oleh pertugas bright PLN Batam akibat Covid-19 beberapa bulan sebelumnya. Memahami kesulitan kemampuan bayar listrik akibat lonjakan pemakaian listrik pada bulan Juni 2020 ini, bright PLN Batam memberikan kelonggaran atas persoalan lonjakan tagihan ini.

Vice President Public Relations bright PLN Batam, Samsul Bahri mengatakan, dalam kondisi sekarang ini dan arahan dari pemerintah juga, untuk bulan ini kita laksanakan sosialisasi terkait kebijakan menyicil atas lonjakan tagihan pada bulan juni akibat dampak Covid-19.

“PLN sangat memahi  kondisi masyarakat saat ini, ditengah pandemi Covid-19 ini, maka diambil Langkah-langkah bersama pemerintah, sehingga mengambil keputusan bahwa pelanggan bisa menyicil selisih tagihan khusus tagihan pada bulan Juni ini,” ujar Samsul.

Disampaikan, cicilan selisih tagihan diperuntukan kepada pelanggan antara bulan Mei dan Juni, dari selisih atau lonjakan pembayaran pada bulan sebelumnya, maka selisih tersebut dapat dicicil sesuai kemapuan pelanggan dan bisa diberikan jangka waktu 9 kali bayar.

“Contohnya seperti ini, pelanggan pada bulan Mei biasa membayar Rp, 500.000, dan pada bulan Juni terjadi lonjakan sebesar Rp, 800.000, berarti selisih pembayaran pelanggan Rp, 300.000, dan nilai Rp, 300.000 inilah yang bisa dicicil oleh pelanggan dengan kesanggupan pelanggan, dan kita beri kelonggaran mencicil selama Sembilan kali cicilan,” terang Samsul kepada Media ini.

Salah satu pelanggan brigh PLN Batam ditemui kritisnews.com di Komplek Villa Mas Sei Panas saat didatangi petugas di rumahnya, Leni mengatakan, keringanan cicilan selisih tagihan ini sangat membantu.

“Tadi petugas PLN datang karna listrik saya belum bayar sampai saat ini karna pembayaran saya jauh melonjak dari bulan sebelumnya, petugas itu memberikan penjelasan cara membayar selisih tagihan ke saya. Bagi kami sebagai ibu rumah tangga ini sangat terbantu dengan cicilan tersebut, kondisi sulit sekarang ini, uang 20 ribu saja sangat kami perhitungkan untuk mengeluarkannya, apalagi sampai ratusan ribu,” kata Leni. (Ind)