Kemendikbud RI Kucurkan Dana Bos Affirmasi dan Kinerja ke Pemkab Lingga

22

KritisNews.com Lingga – Sebanyk 70 sekolah dan 22 sekolah di Kabupaten Lingga mendapatkan bantuan dari Kemendikbud RI, bantuan pusat ini melalui dana Bos Affirmasi dan Bos Kinerja Tahun 2019 dan 2020, hal ini berdasarkan dengan Permendikbud no.24 tahun 2020, Kamis (25/06/20).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lingga Junaidi Adjam menyebutkan disamping Dana Bos Reguler yang setiap tahun dikucurkan lansung ke rekening sekolah. Tengu hal ini sangat berdampak positif bagi kemajuan pendidikan, khususnya sekolah-sekolah yanh berada di wilayah terpencil, jauh dari jangkauan aksesbilitas.

“Dana Bos tersebut tentunya membantu kegiatan operasional sekolah untuk mendukung proses pembelajaran. Sedangkan Bos Kinerja sebagai bentuk penghargaan atas kinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan,” kata Junaidi.

Ia menjelaskan, besarnya Bos Afirmasi dan Bos Kinerja tahun 2019 masing masing sekolah bervariasi, itu pun menurut dia tergantung dari jumlah murid, sedangkan untuk tahun 2020 di pagukan masing masing sekolah 60 juta.

“Sasaran dana bos ini lebih ditekankan kepada upaya layanan pendidikan dan pemenuhan kebutuhan Sarpras yang berkaitan dengan Aksesbilitas IT. Sehingga setiap sekolah diharapkn mampu mengikuti kemajuan teknologi terutama Digitalisasi,” jelasnya.

Apalagi dengan kondisi masa pandemi Covid-19. Sebut ia setiap anak mampu mengoperasionalkn sistem belajar dirumah dengan digitalisasi, sehingga sasaran akhir untuk peningkatan mutu pendidikan di daerah.

“Kita berharap kapada satuan pendidikan yang mendapatkan dana Bos tersebut dapat memanfaatkan semaksimal mungkin dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Namun yang lebih penting harus secara transfaran dan dapat dipertanggung jawabkan,” ujarnya

Sementara itu, mengingat T.P 2020/2021 akan dimulai pada tanggal 13 Juli 2020. Mendatang, tambah Junaidi, tentunya kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah dilakukan dengan mengacu pada New Normal dan perlu upaya-upaya inovasi dan kreatifitas sekolah agar tidak menghambat dalam proses pembelajaran dan yang lebih penting peserta didik selalu terjaga serta terlindungi dari penularan Covid 19.

Penulis Febrian S.r