Kembali ke Produk Lokal yang Segar, Sehat dan Murah

65
Pecel sayur yang menyehatkan dari Indonesia (Foto: iStock)

KritisNews-Jakarta – Resolusi sehat tahun baru bisa dimulai sekarang. Ada banyak bahan makanan lokal yang sehat, enak dan murah untuk dikonsumsi.

Sepuluh tahun belakangan masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di perkotaan, gandrung dengan makanan sehat gaya Eropa dan Amerika. Beragam bijian sehat dan sayuran barat dikonsumsi demi tubuh sehat dan ramping. Padahal harganya lumayan mahal dan sulit didapat.

Ironisnya sebenarnya Indonesia sangat kaya akan bahan makanan sehat, termasuk yang disebut dan populer, seperti alpukat dan ubi merah. Bahkan lebih dari itu nenek moyang kita mewariskan beragam makanan tradisional yang sangat sehat. Dari bahan, cara memasak dan penyajiannya.

Siapa bilang pola makan sehat sulit dijalani dan mahal? Di Indonesia, kita beruntung punya banyak bahan makanan lokal yang segar dan sehat. Nutrisinya bahkan tak kalah dari superfood eksis di luar negeri seperti kale, flaxseed, atau pun acai berry.

Salah satu yang paling mencuri perhatian adalah tempe. Olahan kedelai khas Indonesia ini bahkan disebut-sebut sebagai superfood. Tempe tinggi kandungan protein dan menjadi sumber kalsium, vitamin B12, serta antioksidan yang baik.

Dari sisi harga, bahan makanan lokal ini juga relatif terjangkau. Anda masih bisa membelinya di pasar dalam keadaan segar. Termasuk diantaranya ragam sayuran dan rempah tradisional.

Bahan makanan itu lalu diolah jadi hidangan enak yang sesuai selera lidah kita. Sebut saja gado-gado, pecel, urap, atau karedok. Sama-sama berbahan sayuran, tiap hidangan ini diracik dengan bumbu berbeda hingga menghasilkan rasa nikmat yang tak sama.

Ada juga ragam minuman tradisional yang punya sejuta manfaat kesehatan. Jamu, misalnya, berkhasiat mengendalikan gula darah sampai menurunkan berat badan. Begitu juga dengan ragam wedang untuk hangatkan perut.

Nah, pada ulasan kali ini detikFood akan membahas tuntas soal bahan makanan lokal. Mulai dari jenisnya, olahannya, sampai pada manfaat sehatnya. Jangan lupa pantau terus detikFood untuk tahu informasi lengkapnya!

(sumber: food.detik.com/adr/odi)