Pemilihan Ketua RW 16 Baloi Kolam Berjalan Demokratis dan Damai

158

KritisNews.com, Batam – Pesta demokrasi pemilihan Ketua RW 16 Baloi Kolam, Kelurahan Sungai Panas, Kecamatan Batam Kota, disambut antusias ribuan warga, Sabtu (10/8/2019) dimulai pada pukul 08.00 WIB.

Warga sejak pagi berdatangan mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak suaranya yang bertempat di Fasum RT 02 Baloi Kolam.

Pemilihan Ketua RW 16 Baloi Kolam ini disaksikan langsung oleh Camat Batam Kota, Fairus Batubara, Bhabinsa Sungai Panas, Serma Faisal dan tokoh masyarakat, Agama dan Pemuda Baloi Kolam.

Ketua Panitia Pemilhan RW, Lasturi Situmorang mengatakan, dari 2773 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terdaftar, 2058 warga menggunakan hak pilihnya, dan 7 suara tidak sah.

“Proses pemilihan kita ini berjalan dengan baik, mulai dari rapat Ketua – ketua RT di RW 16, dan tokoh masyarakat Baloi Kolam, terbentuknya Panitia tanggal 16 Juli 2019, setelah kita sampaikan ke Kelurahan, maka keluarlah SK pertanggal 22 Juli 2019. Proses selanjutnya mulai pendataan untuk calon pemilih di 10 RT yang ada di Baloi Kolam, untuk waktu pencoblosan hari Sabtu tanggal 10 Agustus ini,” ujar Lasturi.

Pencoblosan berlangsung sampai jam 14.00 wib, dan langsung penghitungan perolehan suara. Calon nomor urut 1, Agustan Marbun memperoleh 700 suara, nomor urut 2, Herbert Sianipar 425 suara, nomor urut 3, Aliran Siregar 391 suara dan nomor urut 4, Gordon Sinaga 535 suara.

Setelah penghitungan suara selesai, Ketua Panitia, Lasturi Situmorang langsung mengumumkan Agustan Marbun sebagai Ketua RW 16 terpilih untuk masa bakti 2019 – 2022.

Dalam kesempatan itu, Camat Batam Kota, Fairus Batubara mengatakan, pemilihan RW 16 ini berjalan dengan baik, dan hal ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh panitia pemilihan.

“Alhamdulillah pemilihan berjalan baik, hal ini tidak terlepas dari kerja keras dan kerjasama dari seluruh panitia khususnya, Pak Ketua Situmorang bersama jajarannya, pihak kelurahan, jajaran RT dan seluruh masyarakat Baloi Kolam, dan telah terpilih bapak Agustan Marbun,” ujar Fairus.

Setelah terpilihnya Ketua RW 16 Baloi Kolam ini, Fairus Batubara berharap, Ketua terpilih bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, dan hal ini tentulah atas dukungan masyarakat Baloi Kolam.

“Harapan saya, laksanakan tugas yang terbaik dan utamakan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadi atau golongan,” harap Fairus.

Fairus juga menghimbau kepada masyarakat pasca pemilihan RW ini, semua harus menerima dengan lapang dada atas terpilihnya salah satu calon, walaupun ada 4 kandidat dalam pemilihan tersebut, harus menerima hasil yang terpilih, karna hasil ini sudah melalui proses yang sudah disepakati.

Hal senada juga disampaikan Bhabinsa Kelurahan Sungai Panas, Serma Faisal mengatakan, semoga kedepannya ada kerjasama yang baik antara Bhabinsa Kelurahan Sungai Panas dan RW 16 Baloi Kolam.

“Saya ucapakan selamat kepada Bapak Agustan Marbun, dan harapan saya sebagai Bhabinsa Kelurahan Sungai Panas, semoga perangkat kelurahan bisa bekerjasama dengan Bhabinsa, agar tercapai visi dan misi kita masing – masing,” kata Faisal dengan ringkas.

Ketua RW terpilih, Agustan Marbun dalam kesempatan itu menyampaikan,  semoga amanah masyarakat yang diberikan dapat dan mampu dia laksanakan.

“Semoga Baloi Kolam makin bersatu, dan mudah – mudahan saya dapat menjalankan amanah dengan dukungan masyarakat,” ungkap Agustan Marbun.

Perwakilan masyarakat Baloi Kolam yang diwakili Ketua RT 10, Bagindas Nasution menyampaikan, dengan terpilihnya RW yang baru ini, dia berharap masyarakat semakin kompak, apalagi beberapa waktu kemarin adanya kekekosongan Ketua RW.

“Semoga masyarakat Baloi Kolam semakin kompak, apalagi kemarin ada kekosongan RW setelah wafatnya Ketua RW kita sebelumnya, dan hal ini membuat masyarakat jadi risau, semoga kedepannya masyarakat dapat terayomi dan merasa punya pemimpin,” pungkas Bagindas. (Ind)