Dukung Pilkada 2020, Tokoh Pemuda Sebuku dan Tulin Onsoi Nyatakan Sikap

225

KritisNews.com, Nunukan – Sejumlah tokoh pemuda serta tokoh masyarakat sebuku dan tulin onsoi yang tergabung dalam Forum Pemuda Peduli Pembangunan menyatakan dukungan pelaksanaan Pilkada Serentak pada tanggal 09 Desember 2020.

Tokoh pemuda sebuku Yosep yang merupakan Koordinator Forum Pemuda Peduli Pembangunan mengatakan, pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 menjadi tantangan demokrasi di masa pandemi ini.

“Kami Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat yang tergabung dalam Forum Pemuda Peduli Pembangunan adalah kelompok masyarakat, dan pemuda yang peduli terhadap kelanjutan proses memajukan demokrasi di kalangan masyarakat sebuku dan tulin onsoi sekaligus akan terus mengawal kebijakan Pemerintah dan penyelenggara Pilkada Serentak 2020 di masa Pandemi ini,” ungkap Yosep dalam Deklarasi Dukungan dan Pernyataan Sikap di Sebuku, Kamis (06/8/2020).

Kebijakan Pemerintah tersebut, mereka yakini akan tetap memperhatikan prosedur protokol kesehatan yang ketat.

“Untuk itu, kami para pemuda yang mewakili masyarakat sebuku dan tulin onsoi mendukung penuh pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dengan ini menyatakan dukungan sebagai berikut :

1. Mendukung Pilkada Serentak tanggal 9 Desember 2020 yang Jujur, Adil, damai dan amanah guna mewujudkan Kabupaten Nunukan yang aman, serta Kondusif ,”.

2. Tokoh Pemuda serta tokoh masyarakat sebuku dan tulin onsoi yang tergabung dalam Forum Pemuda Peduli Pembangunan mendukung KPU dalam pelaksanaan Pilkada 2020 sesuai protokol kesehatan.

3. Mendukung Pemerintah Daerah dan Penyelenggara Pemilu agar meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko penularan Covid-19 di wilayah masing-masing,”.

Para pemuda dan masyarakat yang merupakan penggerak Forum tersebut juga mendukung Pemerintah dan Penyelenggara Pemilu untuk melakukan sosialisasi secara massif ke masyarakat dan Petugas Penyelenggara Pemilu di daerah, terkait Prosedur Pelaksanaan Pilkada dan Protokol Kesehatan yang mengatur jalannya Pemilihan sejak, sebelum, saat pelaksanaan dan sesudah dan pemungutan suara Pilkada 2020.

“Kami akan menghimbau dan mengajak seluruh lapisan masyarakat sebuku dan tulin onsoi, untuk menyukseskan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dan mendukung calon yang berlaga pada tanggal 9 Desember 2020,” lanjut Simon.

Pihaknya menyebut para Pemuda yang tergabung dalam Forum berkomitmen untuk mengawal Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 yang berkualitas demi tegaknya demokrasi.

Salah satu tokoh masyarakat menyampaikan terkait siapa calon bupati dan wakil bupati yang akan didukung oleh Forum Pemuda Peduli Pembangunan, kami belum menyatakan sikap siapa yang akan kami dukung, itu tergantung musyawarah kami dengan masyarakat, pada prinsipnya kami sudah mengantong salah satu nama calon namun belum bisa kami ekspos saat ini karena pilihan itu menyangkut masa depan masyarakat makanya kami tidak asal-asalan memilih ungkap Yawong Salaju (Wakil Ketua Adat Kecamatan Sebuku).

“Demikian Pernyataan Sikap ini dibuat untuk menjadi bahan pertimbangan Pemerintah, DPR, Penyelenggara Pemilu demi tegaknya kedaulatan demokrasi,” ungkap Yosep. (Db)