Dorong Kemajuan UMKM dengan Pemanfaatan Teknologi

8

KritisNews.com, Anambas –Wakil Gubernur Hj. Marlin Agustina menyatakan pihaknya akan terus mendorong pemerintah kabupaten kota untuk memberikan perhatian lebih ke sektor UMKM. Malah untuk mendapat pasar yang lebih luas, harus mengikuti tren pasar dan perkembangan teknologi.

“Produk UMKM ini merupakan hasil tangan dari masyarakat yang menopang perekonomian keluarga. Karena itu harus dibantu,” kata Wagub Marlin saat Safari Ramadhan di Masjid Al Munawar, Ulu Maras Jemaja Timur Kab Anambas, Sabtu (24/4).

Wagub pun mengajak kaum ibu dan pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi dalam memperluas pasar dan menambah penghasilan. Juga dengan terus berkreasi, berkarya dan selalu mencari informasi dari dunia luar dalam pemanfaatan teknologi.

Wagub Marlin mencontohkan ketika berkunjung ke Natuna, memberikan saran kepada penjual ikan salai untuk ikut berjualan secara daring. Ketika dia ingin menikmati ikan salai, Wagub coba untuk memesan secara online.

“Alhamdulillah, sampai ke rumah. Karena itu mau tidak mau, suka tidak suka sekarang sudah zamannya untuk beralih ke digitalisasi,” ujar Wagub Marlin.

Tampak hadir dalam Safari Ramadhan itu Wakil Ketua DPRD Kepri dr Afrizal Dahlan, Bupati Anambas Abdul Haris beserta isteri, Staf Ahli Ekonomi Pembangunan Eko Sumbaryadi dan Karo ULP Misbardi. Hadir juga Ketua Persatuan Mubaligh Kepri Maryono, Ketua Baznas Kab Anambas Mustansir, Camat Jemaja Timur Indra Gunawan dan Jamaah Masjid Al Munawar.

Selain UMKM, Wagub Marlin juga melihat potensi besar Anambas selain pariwisata, yaitu sektor pertanian. Anambas yang subur, kata Wagub sangat cocok untuk menjadikan Jemaja Timur sebagai lumbung padi Provinsi Kepri untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Apalagi sudah bisa panen padi sebanyak 84 ton.

“Kita akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk bersama-sama mengembangkan potensi pertanian sehingga kesejahteraan masyarakat bisa lebih baik lagi,” kata Wagub Marlin.

Pada kesempatan itu, Wagub Marlin kembali mengingatkan masyarakat untuk jangan pernah lengah dan menganggap sepele akan Covid-19. Terus kuatkan protokol kesehatan (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). Juga terus bersama-sama kita berdoa dan berharap kepada Allah SWT untuk segera mengakhiri Covid-19 dan masyarakat bisa kembali beraktifitas dengan kebiasaan baru dan pergerakan ekonomi kembali membaik.

“Sinergitas TNI dan Polri dalam mendukung pencegahan dan penyebaran Covid-19 patut kita apresiasi karena tidak pernah lelah dan terus mengingatkan masyarakat akan protokol kesehatan,” kata Marlin.

Bupati Anambas, Abdul Haris mengatakan saat ini, perhatian Pemerintah Kabupaten Anambas terhadap pelayanan kesehatan masyarakat terus ditingkatkan. Terutama guna menekan penyebaran Covid-19 dan terus bersosialisasi akan penguatan protokol kesehatan.

Tentang potensi pertanian, Bupati memang menyampaikan kepada Wagub Marlin bahwa Jemaja Timur merupakan kawasan persawahan dan baru-baru ini panen sebanyak 84 ton. Karena itu pihaknya berharap untuk segera menjadikan kawasan Jemaja Timur bisa menjadi lumbung padi bagi Provinsi Kepri.

“Khusus Jemaja Timur dengan lahan yang luas dan subur bisa dijadikan kawasan persawahan, dan juga potensi pariwisata berupa air terjun,” kata Bupati Abdul Haris.

Perkembangan UMKM di Anambas juga cukup pesat. Saat ini sudah ada 3700 UMKM tersebar di Anambas. Karena daerah ini sebagai jalur pelayaran menjadi potensi penghasilan tambahan bagi masyarakat.

Bupati juga menyampaikan bahwa Pemkab Anambas juga akan membangun pelabuhan RORO di Jemaja Timur yang connecting dari Tanjung Uban, berbagai kajian dan DED nya sudah dipersiapkan dan bisa bersinergi dalam hal pendanaan untuk pembangunan. (R/Red)

BAGIKAN