Disdik Lingga Umumkan Kelulusan Siswa SMP/MTs Berikut Informasihnya

7

KritisNews.com Lingga – Pengumuman kelulusan siswa tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiya (MTs) Kabupaten Lingga resmi diumumkan malam tadi, Sabtu (06/06/20).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lingga Junaidi Adjam mengatakan kelulusan siswa SMP/MTs tahun pelajaran 2019/2020 mencapai 99,81% yang artinya terdapat siswa yang tidak lulus.

“Berdasarkn hasil akhir dari jumlah peserta yang mengikuti ujian sekolah (US) sebanyak 1601 siswa dan yang dinyatakan lulus sebanyak 1598 siswa. Ada 3 orang siswa SMP yang gugur,” kata Junaidi.

Hal ini, jelas dia berdasarkan pertimbangan dari satuan pendidikan, bahkan tidah hanya nilai, faktor yang melingkupi kelulusan tersebut harus lah melengkapi seperti absensi, mata pelajaran kurang dari 90 % dari jam hingga efektif tatap muka.

Tidak hanya itu, salah satu yang membuat siswa tidak lulus terkadang melakukan pelanggaran tata tertib dan disiplin sekolah dengan mekanisme pemberian nasehat, pemberian sanksi dan pemanggilan orang tua.

“Proses kelulusan tahun ini ditentukan penilaian dengan berbagai faktor. Disamping penilaian dari semester 1 s.d semester 5, diitambah hasil nilai semester 6 dan US,” jelasnya.

Sementara itu, menurut ia disamping penilaian disiplin dan prilaku siswa dalam pendidikan karakter, tentu mekanisme itu semua menjadi bobot kelulusan.

“Mengingat satuan pendidikan mempunyai kewenangan penuh dalam menentukan kelulusan siswa setelah mendapatkn pertimbangan dan hasil rapat dewan majelis guru,” Pungkasnya.

Penulis F