Aplikasi E-Planning Siap Diberikan Bimbingan ke Nagari

285

KritisNews.com, Agam – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Agam terus berbenah diri dalam membantu nagari dalam proses perencanaan Nagari.

Keseriusan itu terbukti dengan diadakannya workshop oleh DPMN yang melibatkan Tenaga Ahli (P3MD), unsur Dinas Komunikasi dan Informasi serta jajaran DPMN yang dilaksanakan di aula DPMN pada Senin, (7/8/2017).

Kepala DPMN Kabupaten Agam Rahmad Lasmono menyampaikan bahwa selesai workshop E-Planning ini diharapkan kawan-kawan yang ikut workshop hari ini dapat membantu nantinya dalam bimbingan Teknis E-Planning yang rencananya akan dilaksanakan besok, Selasa, (8/8/2017).

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga pendamping P3MD, dan jajaran DPMN sendiri dalam mendampingi dan pembinaan pemerintahan nagari terkait perencanaan pembangunan Nagari,” ujar Rahmad, Senin (7/8/2017).

Dikesempatan yang sama Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Agam Fauzan menyebutkan bahwa ada beberapa keuntungan dari pemakaian aplikasi E-Planning ini bagi Pemerintahan Nagari.

“Keuntungannya tidak adanya ulur waktu jadwal perencanaan, kemudian langsung disediakan standar biaya, mengcover dua rencana sekaligus yakni Rencana kegiatan Pemerintahan Nagari (RKPN) dan Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pemerintahan Nagari (DU-RKPN),” ujarnya.

Aplikasi E-Planning ini disusun untuk membantu Pemerintahan Nagari dalam proses perencanaan. Di aplikasi ini sudah disesuaikan dengan petunjuk dan regulasi yang ada seperti Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang perencanaan pembangunan Desa dan Perbup nomor 18 tahun 2015, tentang teknik penyusunan RKP Nagari.

Kemudian juga tertuang dalam Permendesa PDTT nomor 8 tahun 2017 perubahan Permendesa nomor 22 tahun 2017, tentang penggunaan dana desa. (Alsri)