Anggap Narkoba Permasalahan Serius Dosen Muda USU Ikuti Pelatihan KIPAN

23

KritisNews.com, Sumut – Sebanyak 100 peserta yang terdiri dari pemuda/i Sumut mengikuti pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN) melalui Virtual dan siap menjadikan Sumut Bersinar.

Sebelumnya pemerintah melalui Kemenpora dan BNN mencanangkan pemuda bersinar (pemuda bersih narkoba). 3.400 kader pemuda dilatih untuk menangkal penyalahgunaan narkoba di Indonesia yang kian marak di tengah Pandemi COVID-19.

Alwi Dahlan Ritonga. S. I. P. M. I. Pol, salah satu peserta yang mewakili Sumut mengatakan, Fenomena narkoba merupakan fenomena yang multidimensi, berkaitan ke seluruh aspek kehidupan mulai dari kesehatan, hukum, sosial dan ekonomi.

“Narkoba menimbulkan permasalahan multidimensional di tengah masyarakat dan mampu menyasar siapa saja. Mulai dari kalangan miskin sampai kaya, terdidik dan tidak terdidik. Untuk menanganinya maka harus dilakukan dengan pendekatan multidimensional juga.” Ujar Alwi lewat pesan whatsapp.

Alwi Dahlan Ritonga, yang juga merupakan dosen di Universitas Sumatera Utara ini berharap dan mengapresiasi atas komitmen pemerintah, terutama Kemenpora bersama BNN yang terus bersinergi melawan peredaran narkoba.

“Kita berharap dengan adanya program ini, maka akan berdampak positif bagi penekanan angka peredaran Narkoba yang semakin tinggi di Sumut. Kader Inti Pemuda Anti Narkoba ini kedepan harus menjadi garda terdepan dalam memberikan penyadaran ke masyarakat. Tentunya dengan saling bergandeng tangan dengan pemerintah dan masyarakat umum,” Harap Alwi.

Alwi Dahlan Ritonga, merupakan lulusan Sarjana Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, menyelesaikan S2 di Unpad Bandung dan kini mengabdi di kampus asalnya.

BAGIKAN