Akses Transportasi Laut dari Tanjungpinang ke Anambas Akan Dibuka, Ini Penjelasan Kepala BPBD Anambas

1303

KritisNews.com, Anambas – Untuk mengakomodir warga dan mahasiswa yang saat ini belum dapat kembali ke kampung halaman akibat pandemi Coronavirus Disease-2019 (Covid-19). Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) kembali menggelar rapat koordinasi untuk membuka sementara akses transportasi laut (kapal ferry) dari Kota Tanjungpinang menuju ke Kabupaten Kepulauan Anambas.

Melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Anambas rapat koordinasi penyusunan protokol pembukaan sementara akses Transportasi kapal Ferry dari Tanjungpinang itu dilaksanakan di kantor Bupati Kepualuan Anambas, Pasir Peti, Selasa (9/6).

Dipimpin oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daera (BPBD), Islam Malik. Dalam rapat tersebut memberikan prioritas bagi warga Kepulauan Anambas dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi.

“Memiliki KTP Anambas atau surat keterangan domisili, surat pernyataan bersedia melaksanakan karantina mandiri selama 14 hari, dan bersedia di Rappid test atau PCR. Patuh dan taat terhadap protokol kesehatan,” sebutnya.

Ia menambahkan, management kapal harus melakukan penyemprotan disinfektan pada kapal 1 hari sebelum berangkat

“Serta melaksanakan penerapan physical distancing dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat selama proses pelayaran serta kapasitas penumpang untuk kapal Sevenstar 218-48 = 170 seat dan VOC 170-30 =140 seat,” paparnya.

Sementara itu, instansi vertikal, Pasops Kapten (Laut) Bagus yang mewakili Lanal Tarempa mendukung kebijakan dari Pemda KKA.

“Dengan tidak mengacuhkan protokol kesehatan, Lanal Tarempa akan membuat skema untuk alur atau jalur pemeriksaan penumpang di pelabuhan nantinya,” jelasnya.

(Rohadi)