12.747 Jemaah Haji RI Sudah DIpulangkan

13
Ilustrasi kepulangan jemaah haji di Tanah Air. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom

KritisNews.com,Mekah – Gelombang pemulangan jemaah haji Indonesia terus berjalan. Hingga saat ini ada 12.747 jemaah yang sudah dipulangkan dari Tanah Suci.

Dari data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji (Siskohat) Kementerian Agama per tanggal 19 Agustus tercatat, 10.316 jemaah di antaranya sudah mendarat di Tanah Air. Sementara jumlah yang wafat berada di angka 243 jemaah.

Seluruh jemaah yang dipulangkan merupakan masih bagian dari jemaah gelombang pertama yang bertolak dari bandara King Abdulaziz, Jeddah.

Kepala Seksi (Kasie) Kedatangan dan Pemberangkat Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Cecep Nursyamsi, mengatakan terdapat 13 kloter yang diterbangkan pada hari pertama pemulangan jemaah haji Indonesia.

Masing-masing kloter 1, 2, 3, 4 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS); kloter 1, 2, 3 Embarkasi Surabaya (SUB); kloter 1 Embarkasi Lombok (LOP), kloter 1 Embarkasi Batam (BTH), kloter 1 Palembang (PLM), kloter 1 Padang (PDG), dan kloter 1 Ujung Pandang (UPG).

Adapun gelombang kedua jemaah RI baru akan diberangkatkan dari kota Mekah ke Madinah pada 20 Austus 2019.

Pasalnya, jemaah gelombang II ketika sampai ke Tanah Suci langsung menuju Mekah. Berbeda dengan jemaah gelombang I yang mampir di Madinah dulu sebelum menjalankan rangkaian puncak haji di Mekah.

Seluruh jemaah haji Indonesia – baik gelombang I dan II – diperkirakan bakal kembali ke Tanah Air pada 17 September 2019.

Pada musim haji 2019, Indonesia sejatinya memiliki jatah kuota 231.000 jemaah yang diberikan Pemerintah Arab Saudi. Dimana 214.000 di antaranya adalah jamaah haji reguler, dan sisanya atau sebanyak 17.000 merupakan jemaah haji khusus.

Pun demikian, dalam data Kementerian Agama, total ada 215.377 jemaah haji Indonesia (termasuk petugas haji) yang mendarat di Tanah Suci. Mereka berasal dari 529 kloter.

(ash/aan) /(Sumber:Detik.com)