Arif : Kerja Adalah Ibadah

31

KritisNews.com, Tanjungpinang – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau H.TS. Arif Fadillah mengatakan sebagai ASN yang setiap harinya disibukkan dengan pekerjaan dikantor hendaknya juga jangan sampai melalaikan kewajiban kepada Allah.

“Bekerja akan bernilai ibadah jika pekerjaan apa pun yang kita jalani tidak sampai melalaikan dan melupakan kita dari kewajiban-kewajiban kepada Allah,” ujar Arif saat membuka Pengajian Mingguan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau di Masjid Nur Ilahi Dompak, Tanjungpinang, Jumat (12/04).

Arif kembali menjelaskan shalat misalnya  adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim. Maka, jangan sampai kesibukan bekerja mencari karunia Allah mengakibatkan kita meninggalkan shalat walaupun hanya satu kali. Begitu pula dengan kewajiban yang lainnya, seperti zakat, puasa, haji, bersilaturahmi dan ibadah-ibadah wajib lainnya.

 “Bekerja adalah tindakan mulia tanpa meninggalkan kewajiban ibadah utama. Keuntungan dunia dapat diraih dengan bekerja. Namun bagi kita yang muslim bekerja itu memiliki manfaat ganda karena selain bisa menjadi kaya di dunia namun juga bisa dapat kenikmatan syurga karena ada nilai ibadah yang terkandung didalamnya,” Ujar Arif.

Sementara itu Ustadz Wijayanto yang menjadi pengisi ceramah pada kegiatan ini mengatakan sangatlah rugi bagi ASN yang berada di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau jika niat kerjanya hanya untuk memperkaya diri.

“Niat awal yang salah maka akan menghasilkan sesuatu yang tidak baik diakhirnya. Jika niat kerja hanya kaya maka segala cara akan dilakukan untuk mendapatkan kekayaan dengan cara apapun. Namun jika dimulai dengan niat beribadah dalam rangka menghidupi keluarga dengan rezeki yang barokah maka InsyaAllah tidak akan melakukan dan terhindar hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT,” jelasnya.

Lebih lanjut Ustadz Wijayanto menjelaskan orang yang niat kerjanya hanya untuk harta maka akan timbul sifat-sifat buruk lain jika apa yang diinginkan tidak tercapai seperti tidak bahagia, cepat stress, jadinya gampang sakit bahkan cepat mati. Disampingnya itu kerjanya menjadi tidak ikhlas, kerjasama dengan rekan kerja rendah serta muncul sifat iri dan saling fitnah.

“Orang yang orientasi kerjanya hanya harta maka suatu saat apa yang diingikan tidak tercapai maka akan timbul sifat buruk lainnya. Maka mulai sekarang niatkan kerja untuk ibadah,” tegasnya.

Diakhir ceramahnya Ustadz Wijayanto mengingatkan agar para ASN dalam melakukan pekerjaan dunia jangan lupa melaksanakan kewajiban akhirat begitu pula sebaliknya melaksanakan ibadah untuk akhirat bukan berarti sepenuhnya melupakan kewajiban kita  untuk pekerjaan dunia.

“Sebaik-baiknya orang adalah mengerjakan dunia tapi tidak melupakan bahwa akhirat adalah tujuan yang kita pada akhirnya,” tutupnya. (*)

BAGIKAN